Selasa, 17 Agustus 2010

    Happy Independence Day, Indonesia!

    Happy Independence Day, Indonesia! I love the place where I born and grew up in...



     
    17 Agustus 2010 dirayakan dengan cara yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk kali ini, para siswa-siswi harus melaksanakan upacara, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya - pada saat 17 Agustus, para siswa-siswi tidak sekolah dalam arti libur di rumah. Mereka pun banyak yang pergi berekreasi seperti ke Puncak ataupun Bandung, dan tempat-tempat rekreasi lainnya, apalagi bila Hari Kemerdekaan Republik Indonesia bertepatan pada hari Jumat.

    Saya rasa kegiatan yang telah ditetapkan sangatlah berguna, karena dengan begitu, jiwa nasionalis para generasi muda akan terus tumbuh. Mungkin banyak remaja yang merasa malas untuk mengikuti upacara, termasuk saya, tetapi setelah saya pikirkan apa yang telah saya dan teman-teman saya laksanakan memanglah suatu kewajiban dan tanggung jawab saya sebagai warga negara Indonesia. Indonesia adalah tempat di mana saya dilahirkan dan dibesarkan, jadi saya harus mengenang jasa para pahlawan dan mengabadikan moment tersebut pada saat upacara.

    Pada saat bendera sedang akan dikibarkan, pembina upacara saya yang tak lain adalah guru SMA (saya lupa namanya karena saya adalah siswi SMP), memberikan amanat kepada siswa-siswi betapa kerasnya perjuangan para pejuang saat peristiwa kemerdekaan. Saat itu, setiap pilihan selalu membuahkan resiko. Oleh sebab itu, para pejuang pun harus memilih pilihan yang sangat tepat dan mereka harus cermat. Mereka tidak boleh berpikir asal, tetapi harus berpikir secara matang. Mungkin saya hanyalah seorang siswi SMP dan bukanlah anggota nasionalis. Saya pun juga sering mendengar suasana-suasana saat kemerdekaan - suasana yang menyeramkan, maupun suasana yang membahagiakan. Terpikir di benak saya, oh, begitu! Hanya seperti itu saja. Saya bisa membayangkan betapa sakitnya para pejuang yang harus terkena tembakan, maupun banyak darah tak berdosa yang bercucuran, serta sakitnya batin yang harus kehilangan orang-orang terkasih. Saya pun membayangkan hal tersebut, tetapi... Terkadang, apa yang terjadi bisa saja jauh lebih buruk dari pada yang dibayangkan, meskipun bisa saja apa yang dibayangkan lebih buruk dari pada apa yang akan terjadi. Pembina upacara mengatakan, hormat kepada Bendera Merah - Putih! Ya... Hanya hormat, apa susahnya? Tetapi, ada banyak sekali sejarah yang diabadikan pada bendera merah putih itu.

    Bendera merah putih mengandung arti yang sangat bermakna, serta sejarah yang panjang. Bendera tersebut jugalah merupakan salah satu bukti sejarah dan cucuran keringat para pejuang. Dan sekarang, 65 tahun terlah berlalu. Indonesia pun telah merdeka selama 65 tahun dan terbebas dari jajahan.  Bahkan sekarang, Indonesia telah dikategorikan sebagai negara berkembang, meskipun belum sangat pesat perkembangannya, serta masih saja ada masalah-masalah yang melanda Indonesia, seperti : kemiskinan, korupsi, sampah, dan lainnya, tetapi saya percaya bahwa Indonesia akan terus maju, dan saya bangga menjadi warga negara Indonesia dengan berbagai keunikan dan budaya, serta tradisi yang membedakan Indonesia dengan negara lainnya. Maju terus Indonesia, negera kepulauan terbesar di dunia! 


    Dirgahayu Republik Indonesia!

    And I love Indonesia...
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Please, leave testimonials...